Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Petugas Pada Unit Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh Tahun 2014
Abstrak
Kepuasan adalah suatu tingkat perasaan seseorang yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah seseorang membandingkan dengan apa yang diharapkannya.
Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan petugas pada unit rekam medis di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh tahun 2014 berdasarkan dimensi kualitas pelayanan (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy) yang diharapkan dan pada kenyataan.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain survey cros sectional. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling dimana besarnya sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus lemeshow yaitu berjumlah 96 responden.
Hasil penelitian menunjukkan dari 96 responden yang menyatakan puas akan pelayanan petugas pada unit rekam medis sebanyak 41 responden, sedangkan responden yang menyatakan tidak puas sebanyak 55 responden. Dimensi tangible responden yang menyatakan penting terhadap pelayanan petugas pada unit rekam medis dari harapan responden sebanyak 44 responden dan tidak penting sebanyak 52 responden, responden yang menyatakan puas dari kenyataan yang didapat 39 responden dan tidak puas 57 responden, dengan nilai mean harapan 4,22 dan mean kenyataan 2,9. Dimensi reliability responden yang menyatakan penting dari harapan responden sebanyak 55 responden dan tidak penting sebanyak 41 responden, responden yang menyatakan puas dari kenyataan yang didapat 42 responden dan tidak puas 54 responden, dengan nilai mean harapan 4,45 dan mean kenyataan 3,05. Dimensi responsiveness responden yang menyatakan penting dari harapan responden sebanyak 73 responden dan tidak penting sebanyak 23 responden, responden yang menyatakan puas dari kenyataan yang didapat 31 responden dan tidak puas 65 responden, dengan nilai mean harapan 4,0 dan mean kenyataan 3,1. Dimensi assurance responden yang menyatakan penting dari harapan responden sebanyak 31 responden dan tidak penting sebanyak 65 responden, responden yang menyatakan puas dari kenyataan yang didapat 33 responden dan tidak puas 63 responden, dengan nilai mean harapan 4,07 dan mean kenyataan 3,40. Dimensi empathy responden yang menyatakan penting dari harapan responden sebanyak 44 responden dan tidak penting sebanyak 52 responden, responden yang menyatakan puas dari kenyataan yang didapat 37 responden dan tidak puas 59 responden, dengan nilai mean harapan 4,32 dan mean kenyataan 3,02.
Diharapkan bagi pihak rumah sakit untuk memperbaiki tingkat kinerjanya dalam memberikan pelayanan agar mampu memenuhi tingkat kepuasan pasien.
Kata kunci:
Kepuasan Pasien
Petugas Rekam Medis
Rekam Medis
Kepuasan adalah suatu tingkat perasaan seseorang yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah seseorang membandingkan dengan apa yang diharapkannya.
Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan petugas pada unit rekam medis di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh tahun 2014 berdasarkan dimensi kualitas pelayanan (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy) yang diharapkan dan pada kenyataan.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain survey cros sectional. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling dimana besarnya sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus lemeshow yaitu berjumlah 96 responden.
Hasil penelitian menunjukkan dari 96 responden yang menyatakan puas akan pelayanan petugas pada unit rekam medis sebanyak 41 responden, sedangkan responden yang menyatakan tidak puas sebanyak 55 responden. Dimensi tangible responden yang menyatakan penting terhadap pelayanan petugas pada unit rekam medis dari harapan responden sebanyak 44 responden dan tidak penting sebanyak 52 responden, responden yang menyatakan puas dari kenyataan yang didapat 39 responden dan tidak puas 57 responden, dengan nilai mean harapan 4,22 dan mean kenyataan 2,9. Dimensi reliability responden yang menyatakan penting dari harapan responden sebanyak 55 responden dan tidak penting sebanyak 41 responden, responden yang menyatakan puas dari kenyataan yang didapat 42 responden dan tidak puas 54 responden, dengan nilai mean harapan 4,45 dan mean kenyataan 3,05. Dimensi responsiveness responden yang menyatakan penting dari harapan responden sebanyak 73 responden dan tidak penting sebanyak 23 responden, responden yang menyatakan puas dari kenyataan yang didapat 31 responden dan tidak puas 65 responden, dengan nilai mean harapan 4,0 dan mean kenyataan 3,1. Dimensi assurance responden yang menyatakan penting dari harapan responden sebanyak 31 responden dan tidak penting sebanyak 65 responden, responden yang menyatakan puas dari kenyataan yang didapat 33 responden dan tidak puas 63 responden, dengan nilai mean harapan 4,07 dan mean kenyataan 3,40. Dimensi empathy responden yang menyatakan penting dari harapan responden sebanyak 44 responden dan tidak penting sebanyak 52 responden, responden yang menyatakan puas dari kenyataan yang didapat 37 responden dan tidak puas 59 responden, dengan nilai mean harapan 4,32 dan mean kenyataan 3,02.
Diharapkan bagi pihak rumah sakit untuk memperbaiki tingkat kinerjanya dalam memberikan pelayanan agar mampu memenuhi tingkat kepuasan pasien.
Kata kunci:
Kepuasan Pasien
Petugas Rekam Medis
Rekam Medis
Posting Komentar untuk "Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Petugas Pada Unit Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh Tahun 2014"